Pages

Sunday, January 8, 2012

☞ JADILAH TUAN DARI HATI DAN PIKIRAN ANDA ☜

بِسْـــــــــــمِاللهِالرَّحْمَنِالرَّحِيْـــــــمِ ...

Apapun yang terjadi sesungguhnya adalah kesempatan bagi diri Anda untuk melakukan pembelajaran dan terus berusaha. Jangan pernah membiarkan kejadian mempengaruhi kenyamanan suasana hati Anda.
 
Pada dasarnya, kenyamanan atau ketidaknyamanan perasaan Anda adalah masalah pilihan. Anda dengan sadar memilihnya, karena kendali sepenuhnya ada pada diri Anda. Setiap kejadian, apapun itu akan mendorong Anda selangkah lebih maju mengejar asa mulia yang anda patrikan didalam hati Anda.
 
Ya, karena setiap kejadian adalah anak tangga bagi Anda untuk menuju posisi yang lebih tinggi. Jagalah setiap anak tangga itu dengan penuh kearifan, rasa terima kasih,dan kasih sayang, karena tanpa itu semua, kita tidak akan pernah berada di posisi kita saat ini.
 
Terbuat dari apakah Anak Tangga itu ??
 
Anak tangga tersebut terbuat dari setiap peristiwa, baik yang menyenangkan yang tidak menyenangkan. Anak tangga itu dapat berbentuk sikap orang-orang, baik yang tidak menyukai maupun yang menyukai kita. Fitnah, cacian, kata-kata yang menyudutkan, bahkan pujian adalah anak tangga kita, sehingga jika kita mau menapakinya, hidup kita meningkat dan selangkah lebih maju.
 
Kearifan dan niat baik kita untuk memperlakukan semua itu sebagai sarana bagi kita untuk memperlakukan semua itu sebagai sarana bagi kita untuk lebih bersikap progresif dan proaktif membuat diri dan jiwa kita lebih tenteram. Kita akan menyempurna menuju fitra kita sebagai makhluk yang sempurna yang diciptakan oleh Tuhan.
 
Sungguh, banyak hal yang terjadi dalam hidup ini yang sebenarnya tidak kita inginkan, namun itu tetap saja terjadi. Peristiwa-peristiwa itu tiba-tiba dan tanpa diduga-duga datang dalam kehidupan kita, menghantam kita dengan tidak berperasaan.
 
Kita ibarat kapal layar yang diterpa angin kencang, sehingga laju kapal kehidupan kita menjadi terhambat. Lantas, apakah kapal kita harus berhenti atau mundur dan berbalik arah, kemudian mengurungkan niat kita untuk berlabuh di pulau impian ?? Tentu saja tidak, bukan ?? Sebab, kita punya layar yang bisa diatur posisinya sehingga kita masih tetap terus berlayar.
 
Dengan memutar layar bahtera kehidupan kita sekian derajat, "angin utara" yang tadinya menghambat, justru membuat laju kapal kita lebih kencang ke arah "selatan" yang kita tuju. Itulah seni kehidupan ini. Maka tersenyumlah melihat semua peristiwa, karena "angin" darimana pun arahnya akan membuat biduk kehidupan kita kian cepat merapat kepulau impian. Sayangi dan hargai setiap "angin" yang datang. Karena, "angin" itulah peristiwa, baik menyenangkan maaupun tidak menyenangkan, yang membuat kita semakin arif menuju kesempurnaan makhluk, sementara "layar" adalah pikiran kita yang berfungsi untuk menyikapi semua peristiwa itu.
 
Pikiran itu sangatlah "rapuh" dan mudah "goyah". Kalau diibaratkan, pikiran kita seperti nyala api lilin di tengah-tengah hembusan angin yang datang dari berbagai arah. Tugas kita adalah menjaga agar nyala api lilin tersebut tidak goyah oleh hembusan angin. Oleh karena itu, pikiran haruslah diperkuat, yaitu dengan cara memasukkan hanyalah hal yang positif saja secara terus-menerus.
 
Seperti halnya tubuh yang membutuhkan makanan bergizi agar bisa tumbuh sehat. Maka pikiran juga membutuhkan hal-hal yang positif sebagai makanannya supaya bisa berfungsi dengan baik dan bermanfaat. Disisi lain, seperti halnya racun yang akan membuat tubuh lemah dan tak bertenaga, maka hal-hal negative juga akan membuat pikiraan Anda menjadi lemah dan tidak dapat memberikan solusi yang baik.
 
Tuhan menghadirkan “angin” ke dalam kehidupan kita bukan tanpa sebab atau alasan dan tidak terjadi begitu saja. Sesungguhnya, tak akan ada yang terjadi dalam hidup kita tanpa izin Sang Maha Penggenggam Takdir, Tuhan Yang Maha Berkehendak. Bukankah setiap hal itu kemudian menjadi anugerah ??
 
Percayalah, Anugerah Tuhan tak akan selamanya berbentuk sesuatu yang kita inginkan, namun yang pasti sesungguhnya itulah yang kita perlukan.
 

 
Semoga bermanfaat dan Dapat Diambil Hikmah-Nya ... :")

2 comments: