Pages

Wednesday, December 28, 2011

Pemeriksaan Pap Smear

1. Apakah Pap Smear itu?
Pap Smear adalah pemeriksaan usapan mulut rahim untuk melihat sel-sel mulut rahim (serviks) di bawah mikroskop.

Pap Smear merupakan tes skrining untuk mendeteksi dini perubahan atau abnormalitas dalam serviks sebelum sel-sel tersebut menjadi kanker.


2. Apa itu Kanker Leher Rahim alias Kanker Serviks?
Ingin tahu lebih lengkap tentang kanker ini.? klik saja Penyebab, Tanda-Tanda dan Cara Mencegah Kanker Serviks


3. Cara Pengambilan Sample Pap Smear
Pemeriksaan ini dilakukan di atas kursi pemeriksaan khusus ginekologis. Sampel sel-sel diambil dari luar serviks dan dari liang serviks dengan melakukan usapan dengan spatula yang terbuat dari bahan kayu atau plastik.

Setelah usapan dilakukan, sebuah cytobrush (sikat kecil berbulu halus, untuk mengambil sel-sel serviks) dimasukkan untuk melakukan usapan dalam kanal serviks. Setelah itu, sel-sel diletakkan dalam object glass (kaca objek) dan disemprot dengan zat untuk memfiksasi, atau diletakkan dalam botol yang mengandung zat pengawet, kemudian dikirim ke laboratorium untuk diperiksa.


4. Alasan Harus Melakukan Pap Smear, yaitu :
a- Menikah pada usia muda (dibawah 20 tahun)
b- Pernah melakukan senggama sebelum usia 20 tahun
c- Pernah melahirkan lebih dari 3 kali
d- Pemakaian alat kontrasepsi lebih dari 5 tahun, terutama IUD atau kontrsepsi hormonal
e- Mengalami perdarahan setiap hubungan seksual
f- Mengalami keputihan atau gatal pada vagina
g- Sudah menopause dan mengeluarkan darah pada vagina
h- Berganti-ganti pasangan dalam senggama


5. Persiapan Pemeriksaan Pap Smear:
a. Menghindari persetubuhan, penggunaan tampon, pil vagina, ataupun mandi berendam dalam bath tub, selama 24 jam sebelum pemeriksaan, untuk menghindari ‘kontaminasi’ ke dalam vagina yang dapat mengacaukan hasil pemeriksaan.
b. Tidak sedang menstruasi , karena darah dan sel dari dalam rahim dapat mengganggu keakuratan hasil pap smear.


6. Mengapa Pap Smear Perlu Dilakukan?
Pap smear dapat mendeteksi kondisi kanker dan prakanker dalam serviks. Biopsi (pengambilan jaringan) serviks umumnya dilakukan saat pap smear bila ada indikasi kelainan signifikan, atau bila ditemukan kelainan selama pemeriksaan dalam rutin, untuk mengidentifikasi kelainan tersebut.

Hasil pap smear dinyatakan positif, bila menunjukkan perubahan-perubahan sel serviks. Biopsi (pengambilan jaringan) mungkin tidak perlu dilakukan segera, kecuali anda dalam kategori risiko tinggi. Untuk perubahan sel yang minor, umumnya direkomendasikan untuk mengulang pap smear dalam 6 bulan ke depan.


7. Ada 2 cara pemeriksaan Pap Smear:
1. Konvensional
2. Berbasis cairan atau Liquid

Keterbatasan pemeriksaan Sitologi Konvensional :
a- Sampel tidak memadai karena sebagian sel tertinggal pada brus (sikat untuk pengambilan sampel), sehingga sampel tidak representatif dan tidak menggambarkan kondisi pasien sebenarnya
b- Subyektif dan bervariasi, dimana kualitas preparat yang dihasilkan tergantung pada operator yang membuat usapan pada kaca benda
c- Kemampuan deteksi terbatas (karena sebagian sel tidak terbawa dan preparat yang bertumpuk dan kabur karena kotoran/faktor pengganggu)

Pemeriksaan Sitologi Berbasis Cairan/Liquid
Merupakan metode baru untuk meningkatkan keakuratan deteksi kelainan sel-sel leher rahim. Dengan metode ini, sampel (cara pengambilan sama seperti pengambilan untuk sampel sitologi biasa/Pap Smear) dimasukkan ke dalam cairan khusus sehingga sel atau faktor pengganggu lainnya dapat dieliminasi. Selanjutnya, sampel diproses dengan alat otomatis lalu dilekatkan pada kaca benda kemudian diwarnai lalu dilihat di bawah mikroskop oleh seorang dokter ahli Patologi Anatomi.

Keungulan pemeriksaan sitologi berbasis cairan/Liquid :
a- Sample memadai karena hampir 100 % sel yang terambil dimasukkan ke dalam cairan dalam tabung sampel
b- Proses terstandardisasi karena menggunakan prosesor otomatis, sehingga preparat (usapan sel pada kaca benda) representatif, lapisan sel tipis, serta bebas dari kotoran/pengganggu
c- Meningkatkan kemampuan/keakuratan deteksi awal adanya kelainan sel leher rahim
d- Sample dapat digunakan untuk pemeriksaan HPV-DNA


8. Hasil Pap Smear
1- Hasil pap smear normal menunjukkan hasil negatif, yaitu tidak adanya sel-sel serviks yang abnormal.

2- Sedangkan hasil pap smear abnormal dibagi menjadi 3 hasil utama :
a. Bukan kanker, Kebanyakan hasilnya adalah infeksi kemudian pasien diminta untuk berobat dan melakukan kontrol ulang dalam 4-6 bulan untuk mengulang pap smear.
b. Prekanker, Menunjukkan beberapa perubahan sel abnormal, biasanya dilaporkan sebagai “sel atipik” atau displasia serviks. Pasien akan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan kolposkopi dan biopsi. Kurang dari 5% hasil pap smear menemukan dysplasia serviks.
c. Ganas ( kanker), Pasien langsung diminta berobat ke dokter.

-moga bermanfaat-





Sumber: www.labparahita.com

4 comments:

  1. Awal nya saya takut ingin di pap smear & ternyata ketakutan sya hilang setelah tau proses nya gk sakit cuma awal nya rada tegang.

    ReplyDelete
  2. Awal nya saya takut ingin di pap smear & ternyata ketakutan sya hilang setelah tau proses nya gk sakit cuma awal nya rada tegang.

    ReplyDelete
  3. Awal nya saya takut ingin di pap smear & ternyata ketakutan sya hilang setelah tau proses nya gk sakit cuma awal nya rada tegang.

    ReplyDelete